Tips sehat Mie Ayam Legendaris 

Tim mana yang Anda: selalu sarapan atau tidak makan sarapan? Setiap orang memiliki kebiasaan sendiri di pagi hari. Uniknya, dua kebiasaan berbeda, yaitu sarapan dan bukan sarapan, bisa menghasilkan efek yang sama, yaitu kantuk. Teruslah membaca penjelasan berikut untuk mencari tahu alasannya.

Mengapa saya mengantuk jika saya tidak sarapan?
sering mengantuk sepanjang malam

Bangun, Anda mungkin terbiasa melakukan kegiatan tanpa pengisian bahan bakar dengan makanan dan minuman bergizi. Jika Anda memaksakan diri untuk sarapan, Anda bahkan mungkin merasa buruk.

Sekarang, masalahnya adalah banyak orang yang tidak sarapan mengeluh bahwa mereka merasa mengantuk di pagi hari sebelum tengah hari. Padahal, di pagi hari Anda harus merasa segar dan produktif. Ahli gizi dan Guru Besar Institut Pertanian Bogor (IPB), Prof. Dr. Ir. Ali Khomsan, MS, menjawab masalah ini.

“Jika kita tidak makan sarapan, kita tidak mendapat cukup glukosa untuk (memberikan ke) otak. Sedangkan otak adalah glukosa,” kata Prof Ali Khomsan saat ditemui di Fairmont Hotel Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (3 / 10). Lebih lanjut, ia juga menjelaskan bahwa tanpa glukosa, otak menjadi kurang energi sehingga Anda akan merasa mengantuk.

Glukosa (gula) sendiri bisa didapat dari makanan dan minuman yang Anda makan saat Anda sarapan. Di dalam tubuh, glukosa akan diproses dan diubah menjadi sumber energi bagi organ manusia, termasuk otak. Itu sebabnya Anda mudah mengantuk di pagi hari ketika Anda melewatkan sarapan.

Sarapan juga bisa membuat Anda mengantuk
ngantuk setelah makan

Jika tidak sarapan bisa membuat Anda mengantuk, artinya sarapan adalah jaminan bahwa Anda bebas dari kantuk? Belum tentu. Beberapa orang bahkan mengeluh bahwa mereka mengantuk dengan cepat ketika mereka mulai dengan sarapan.

Namun, menurut Prof Ali Khomsan, sebenarnya bukan sarapan yang membuat Anda lesu, tetapi porsi makan. “Jika Anda memiliki sarapan berlebih, maka oksigen mengalir ke seluruh perut. Bahkan, otak makanan adalah oksigen juga. Jadi jika oksigen mengalir ke perut dan otak kekurangan oksigen, Anda mengantuk,” kata Prof Ali Khomsan. .

Oksigen dibutuhkan oleh tubuh untuk menjalankan fungsi organ manusia. Diantaranya adalah fungsi pencernaan. Jadi ketika Anda makan terlalu banyak, sistem pencernaan harus bekerja ekstra keras untuk mengolah makanan. Dalam prosesnya, oksigen akan digunakan lebih banyak oleh lambung sehingga otak tidak mendapat cukup oksigen.

Jadi sarapan apa sebaiknya tidak?
porsi sarapan yang ideal

Menurut Prof Ali Khomsan, Anda masih harus sarapan untuk mendukung aktivitas dan fungsi tubuh yang optimal sepanjang hari.

Kunci untuk tidak mengantuk adalah memperkirakan porsi agar tidak berlebihan. Selain itu, Anda harus sarapan dengan nutrisi dan keseimbangan yang tepat, dalam hal ini karbohidrat dan protein. Jangan terlalu banyak karbohidrat atau sarapan Anda hanya mengandung lemak jenuh yang tinggi. Kesalahan ini juga akan membuat Anda mengantuk.

LEAVE A REPLY