Tahukah Anda berapa banyak kalori yang harus Anda konsumsi setiap hari? Tahukah Anda bahwa tubuh Anda masih membutuhkan kalori atau energi, meskipun Anda tidak melakukan aktivitas apa pun? Ini disebut tingkat metabolisme basal (AMB) atau lebih dikenal sebagai tingkat metabolisme basal (BMR). Untuk mengetahui tentang BMR, bagaimana menghitung BMR, dan seterusnya, Anda harus mengacu pada penjelasan berikut.

(Tip Sehat Mie Ayam Jamur Medan)

Apa itu BMR?
BMR atau tingkat metabolisme basal adalah kebutuhan kalori yang dibutuhkan tubuh Anda untuk melakukan aktivitas basal. Ketika Anda tidur atau duduk dan tidak melakukan aktivitas apa pun, tubuh terus melakukan aktivitasnya, seperti memompa jantung, mencerna makanan, bernapas, memperbaiki sel-sel tubuh, mengeluarkan racun di dalam tubuh, mempertahankan suhu tubuh, dan sebagainya.

Jadi, itu salah jika Anda tidak makan apa-apa atau makan sangat sedikit ketika Anda ingin menurunkan berat badan. Sebab, meski, tubuh masih membutuhkan kalori dari makanan untuk melakukan berbagai fungsi. Jika Anda ingin menurunkan berat badan, lakukan diet dengan cara yang baik, tetap memperhatikan kebutuhan tubuh Anda.

Bagaimana cara menghitung BMR?
Dengan menghitung BMR Anda, Anda dapat mengetahui berapa banyak kalori minimum yang dibutuhkan tubuh untuk melakukan aktivitasnya. Dengan begitu, Anda bisa mengurangi asupan kalori tanpa mempengaruhi kerja dan kesehatan tubuh Anda.

BMR setiap orang tergantung pada usia, jenis kelamin, berat badan, dan tinggi badan. Karena itu, BMR setiap orang berbeda. Untuk mengetahui BMR Anda, Anda dapat menghitungnya menggunakan rumus Harris-Benedict. Formula BMR ini dibedakan antara pria dan wanita.

BMR laki-laki = 66 + (13,7 x berat badan) + (5x tinggi) – (6,8 x umur)

BMR perempuan = 655 + (9,6 x berat badan) + (tinggi 1,8x) – (4,7 x umur)

Informasi:

Berat dalam kilogram (kg)
Tinggi dalam sentimeter (cm)
Jika Anda melipatgandakan BMR Anda berdasarkan faktor aktivitas fisik, maka Anda akan mendapatkan total kebutuhan kalori Anda per hari. Berikut ini adalah faktor aktivitas fisik:

Sangat jarang berolahraga, kalikan BMR sebanyak 1,2
Jarang berolahraga (1-3 hari / minggu), kalikan BMR sebanyak 1,375
Olahraga normal (3-5 hari / minggu), kalikan BMR dengan 1,55
Sering berolahraga (6-7 hari / minggu), kalikan BMR dengan 1,725
Sangat sering berolahraga (setiap hari bisa dua kali sehari), kalikan BMR dengan 1.9
BMR Calculator untuk menghitung kebutuhan kalori minimum
BMR hanya jumlah minimum kalori yang dibutuhkan tubuh Anda untuk dapat memindahkan organ vital. Namun setiap hari, Anda perlu mengonsumsi makanan dan minuman dengan lebih banyak kalori dari itu, karena Anda juga membutuhkan energi untuk bergerak, berjalan, berpikir, dan sejumlah aktivitas fisik lainnya yang dilakukan setiap hari.

Oleh karena itu, Anda dapat menggunakan Kalkulator Kebutuhan Harian untuk menghitung berapa banyak BMR Anda, serta berapa banyak total kalori yang Anda butuhkan setiap hari. Anda dapat menggunakan kalkulator BMR dan kebutuhan kalori ini dengan mengklik pada gambar di bawah ini:

Mengapa Anda tahu BMR?
Mengetahui BMR tentu berguna untuk mengetahui berapa banyak kalori yang harus Anda konsumsi dalam sehari. Anda bisa menyesuaikan dengan berat badan Anda. Jika Anda memiliki berat badan berlebih, mengetahui BMR pasti dapat mempermudah Anda untuk membatasi asupan kalori Anda per hari, yang mengakibatkan penurunan berat badan. Namun, jika Anda menurunkan berat badan, Anda dapat menambahkan kalori Anda, sehingga lebih banyak energi yang tersimpan di dalam tubuh dan kenaikan berat badan akan terjadi.

Untuk menurunkan berat badan, Anda perlu mengatur batas kalori harian Anda. Anda harus mengurangi asupan kalori di bawah kebutuhan kalori harian Anda (berdasarkan BMR x faktor aktivitas fisik). Anda bisa mulai dengan mengurangi 300 kalori dari total kebutuhan kalori harian Anda, kemudian meningkatkannya menjadi 500 kalori per hari. Mengurangi asupan kalori Anda dengan 500 kalori berdasarkan rekomendasi dapat membantu Anda menurunkan berat badan dari 0,5 hingga 1 kg per minggu. Jangan lupa lakukan olahraga agar lebih banyak kalori yang terbakar.

Yang perlu Anda ketahui, di sini adalah jumlah kalori yang dibakar oleh tubuh setiap hari.

Untuk melakukan metabolisme basal (BMR), tubuh membakar kalori sebanyak 60-75% dari total kalori yang dibakar setiap hari.
Untuk melakukan termogenesis (latihan dan gerakan tubuh), tubuh membakar kalori sebanyak 15-30% dari total kalori yang dibakar setiap hari
Untuk mencerna makanan, tubuh membakar kalori sebanyak 10% dari total kalori yang dibakar setiap hari

LEAVE A REPLY